Thursday 12 May 2016

Sapu angin terletak didusun Grintingan, Desa tegalmulyo.Tepatnya diantara dusun Grintingan dan Gigirpasang, Goa Jepang di lembah jurang yang tinggi. Konon Sapu angin ini adalah pengasinan yang dihuni oleh yang di sebut Danyang Sapu Angin.Tempat ini ada sumber air dan satu bak air yang berbentuk seperti arah mata angin yang satu sisinya lancip dan uniknya arah lancipan itu persis arah utara dalam mata angin.
 Pada jaman penjajahan jepang warga sekitar sangat kenal dengan jepang dan menyebutnya sebagai “Nipong” yang mungkin maksudnya adalah Nippon/Jepang, sedikit berbeda dengan yang di buku pelajaran sejarah tentang tentara jepang di Negri ini, karena pada jaman jepang warga di sekitar ini ada interaktif dengan tentara jepang,dimana ketika jepang kalah dengan sekutu dan harus meninggalkan Negara jajahanya, di kampung ini mereka bercerita dengan warga apa adanya tentang tugasnya di indonesia,saat kalah dengan sekutu mereka juga menceritakan tidak lagi bisa berkomunikasi dengan kaisar jepang, tidak bisa lagi berkomunikasi dengan keluarga yang di jepang, mereka kemudian membangun Goa karena takut dengan tentara sekutu,bahkan pembangunan Goa ini dulunya meminta bantuan warga sekitar dusun ini,Hilanya komunikasi dengan Pimpinan di Negaranya ini yang kemudian mereka memilih bersembunyi untuk sementara menghindari Tentara sekutu.hal ini mungkin ada benarnya karena di dalam Goa tersebut ada tulisan orang-orang jawa dan dengan Huruf jawa.

Silahkan berkunjung bersama keluarga kita sediakan pemandu dyang siap melayani anda ke sana Tracking membutuhkan 1 jam dari Deles indah dengan jalan kaki menaiki bukit, sambil menikmati indahnya pegunungan lereng merapi.

0 comments:

Post a Comment

Tata tertib berkomentar :
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Gunakan bahasa yang baik dan sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Berlakulah dengan bijak dalam menggunakan sarana publik ini. Baca dan pahami isinya terlebih dahulu, barulah Berkomentar. Terimakasih.

Contact Admin

Recent Post

    Area Soloraya

    VISIT SOLORAYA

    Seni Budaya Jawa

    Popular Posts

    Kalender

    Translate To



    EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianBrazilJapaneseKoreanArabicChinese Simplified



    Labels

    Boyolali (14) Karanganyar (25) Klaten (11) Sragen (17) Sukoharjo (11) Surakarta (13) Wonogiri (14)