Wednesday 4 May 2016

Umbul Jolotundo Para penelusur pasti suka banget kalau berkunjung di sebuah Umbul dan berenang bareng kekasih atau keluarga, untuk itu ayo datang ke wisata air Umbul Jolotundo ini. Yang terletak di Desa Jambeyan Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten, sekitar 8 kilometer dari arah Utara pusat Kabupaten Klaten.
Para Penelusur pasti akan senang bilang bermain disini, karena pemandian ini memiliki luas sekitar 220 meter persegi dari kompleks areal objek wisata seluas 500 meter persegi. Dan terdapat 3 kolam renang dengan kedalaman yang berbeda, yaitu sekitar 2 meter, 1.5 meter dan 1meter.
Surga Wisata Air Umbul Jolotundo Yang Mulai Terlupakan
Para Penelusur tau ga yang unik dari Umbul Jolotundo ini? usut punya usut nih ternyata umbul ini memiliki legenda yang berasal dari cerita turun temurun masyarakat sekitar yang menyebutkan dahulu ada seorang Demang yang tinggal di sekitar Umbul Jolotundo dan memiliki putri bernama Roro Amis. Julukan itu diberikan karena sang putri memiliki sakit kulit yang mengeluarkan bau amis, namun dia gemar berenang dengan menggunakan rakit dari pohon pisang. Suatu saat Roro Amis jatuh ke umbul saat sedang bermain di sekitar umbul itu dan kakinya tertusuk sejenis keong kecil, tetapi penyakit yang dideritanya ternyata malah sembuh. Roro Amis yang marah kemudian mengatakan bahwa keong yang ada di umbul Jolotundo menjadi tumpul sehingga tidak bisa melukai kaki dan ia juga sempat bersumpah di sekitar umbul tidak akan tumbuh pohon pisang. Masyarakat sekitar sangat mempercayai legenda itu dan menganggap akan celaka jika menanam pohon pisang di sekitar umbul. Hal itu akhirnya sampai pula di telinga Sunan Paku Buwana X yang kemudian singgah dan bersuci di Umbul Jolotundo.  Disini juga terdapat batu yang membentuk tapak kaki, konon batu tersebut pernah diinjak oleh Bisma, tokoh ksatria dalam pewayangan, batu tersebut sampai sekarang masih ada, dan orang-orang menyebut batu tersebut ‘Tepak Bisma’. 
 Surga Wisata Air Umbul Jolotundo Yang Mulai Terlupakan
Para penelusur yang ingin ke Umbul Jolotundo nggak usah khawatir dengan harga masuknya karena hanya sebesar Rp.4000,-/orang Dan parkir  Rp.2000,-/motor (harga sewaktu-waktu berubah). Air di pemandian ini masih alami dan tidak mengandung kaporit seperti kolam renang lainya. Ada juga fasilitas seperti toilet(gratis), kamar ganti pakaian(gratis), mushola, dan kantin.
Cukup mengesankan bukan?ayo tunggu apalagi buruan datang kesini. Berikut beberapa gambar khusus Para Penelusur.


0 comments:

Post a Comment

Tata tertib berkomentar :
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Gunakan bahasa yang baik dan sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Berlakulah dengan bijak dalam menggunakan sarana publik ini. Baca dan pahami isinya terlebih dahulu, barulah Berkomentar. Terimakasih.

Contact Admin

Recent Post

    Area Soloraya

    VISIT SOLORAYA

    Seni Budaya Jawa

    Popular Posts

    Kalender

    Translate To



    EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianBrazilJapaneseKoreanArabicChinese Simplified



    Labels

    Boyolali (14) Karanganyar (25) Klaten (11) Sragen (17) Sukoharjo (11) Surakarta (13) Wonogiri (14)