Friday 11 March 2016

7 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi, Tempat Wisata Terindah - Klaten merupakan sebuah Kabupaten yang termasuk dalam Provinsi Jawa Tengah. Klaten memiliki berbagai macam potensi tempat wisata dari wisata alam, wisata buatan, wisata keluarga sampai wisata religi. Saat ini ber wisata sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian masyarakat Indonesia. Dengan berwisata maka segala penat dan kebosanan melalui dunia kerja dapat sedikit terobati. Oleh karena itu pada hari libur ataupun hari Minggu hampir dipastikan di berbagai lokasi tempat wisata selalu dipenuhi oleh para pengunjung. Pengunjung yang datang tidak hanya wisatawan dari lokal setempat namun juga berasal dari berbagai Kota disekitarnya.

Kabupaten Klaten terletak diantara dua pusat kebudayaan besar yaitu Kerajaan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Hal itu menyebabkan di Kabupaten Klaten juga masih kental dengan adat kebudayaan yang sampai sekarang masih banyak dilestarikan seperti perayaan nyadran, apeman, kupatan dll. Selain wisata alam dan wisata budaya, tempat wisata yang tak kalah pentingnya di Kabupaten Klaten adalah wisata religi. Wisata religi ini maksudnya wisata hati yang diperuntukkan masyarakat yang percaya terhadap suatu tempat dapat mendatangkan barokah. Tempat ini biasanya berupa makam tokoh terkenal pada masa lampau. Ada 2 makam yang sangat populer di Kabupaten Klaten yaitu Makam Sunan Bayat di Kecamatan Bayat dan Makam Ki Ageng Gribig di Jatinom.
Disini akan kami bahas 7 diantara tempat wisata di Kabupaten Klaten yang sangat indah sehingga sangat sayang apabila tidak dikunjungi.

Candi Prambanan

Candi Prambanan bisa dikatakan sebuah temat wisata yang sudah mendunia. Tempat wisata ini banyak sekali dikunjungi oleh banyak wisatawan asing. Lokasi Candi Pranbanan adalah di perbatasan Kabupaten Klaten dan Provinsi Yogyakarta. Sehingga dalam tulisan ini kami cantumkan dalam daftar 7 tempat wisata di Klaten yang wajib dikunjungi. Kami pernah membahas mengenai tempat wisata Candi Prambanan. Sehingga apabila anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang Candi Prambanan anda dapat melihat pada postingan kami berikut :
Keindahan Wisata Candi Prambanan
Legenda Roro Jonggrang

Warung Apung Rowo Jombor / Jimbung

Sepertinya tidak banyak di Indonesia yang membuat Warung yang terapung di atas air. Hal ini ada di Kabupaten Klaten tepatnya di Rowo Jombor. Disini berjejer puluhan Warung apung yang menyediakan berbagai macam masakan berbahan baku ikan air tawar, dari mulai lele, nila, gurameh dll.Untuk menikmati warung apung ini gratis, namun tentu saja anda harus membeli makanan yang ada di warung ini. Berdasarkan pengalaman kami, masakan yang ada enak-enak kok. Bahkan sebagian ada yang didampingi dengan hiburan berupa orkes dangdut pada hari tertentu. Oh ya Lokasi Warung Apung Rowo Jombor / Jimbung ini berada di Desa Jombor Krakitan Bayat Klaten atau sekitar 6 km ke arah selatan dari kota Klaten.

Museum Gula Jawa Tengah

Museum Gula Jawa Tengah lebih banyak dikenal masyarakat sebagai Museum Gula Gondang Winangoen atau Museum Gula Klaten. Hal itu karena museum ini terletak di Pabrik Gula Gondang Winangoen milik PTPN IX. Lokasi Museum Gula Jawa Tengah terletak di Jalan Raya Jogja – Solo Km. 25, Klaten – Jawa Tengah. Karena berupa museum, maka di tempat ini banyak disimpan berbagai macam benda bersejarah yang ada hubungannya dengan industri gula dan perkembangannya. Diantara barang kuno kolesi dari Museum Gula Jawa Tengah adalah peralatan mesin giling yang tidak terpakai, lokomotif pengangkut tebu zaman dulu, maket pabrik gula, macam-macam jenis tebu dll. Selain museum, di kompleks Pabrik Gula Gondang Baru juga terdapat agrowisata yang menawarkan wisata keluarga yang menarik serta rest area dan kopi Banaran Cafe. Bagi anda yang sedang melintas di ruas jalan Yogya Solo dapat mampir disini sekedar melepas penat dan menikmati secangkir kopi atau teh.

Pemandian Umbul Cokro Tulung

Pemandian Cokro Tulung merupakan sebuah pemandian yang terdapat di Desa Cokro Kecamatan Tuung Kabupaten Klaten. Di pemandian ini terdapat kolam dengan sumber airnya berasal dari air tanah yang masih asli. Hal ini menciptakan kesegaran tersendiri apabila mandi di pemandian ini. Lokasi umbul Cokro Tulug ini ramai dikunjungi pada saat menjelang Bulan Ramadhan. Hal itu karena di Klaten ada tradisi bahwa sebelum melaksanakan ibadah puasa di Bulan Ramadhan maka kita dianjurkan meakukan "Padusan". Padusan pada dasarnya kegiatan menyucikan jiwa dan raga kita dalam menyambut Bulan Puasa yang penuh berkah. Bahkan pada saat padusan anda dapat menikmati sajian orkes dangdut yang biasanya disediakan oleh pihak pengelola.

Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo

Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo merupakan fasilitas kolam renang yang disediakan oleh Hotel Galuh Prambanan yang beralamatkan di Jl. Manisrenggo, KM 1, Tlogo Prambanan, Klaten, Jawa Tengah 57454. Namun tempat ini sudah dikembangkan oleh pengelola untuk masyarakat luas sebagai wisata keluarga yang mengasyikkan. Anda dan keluarga dapat menikmati berenang di tempat ini dengan berbagai permainan air yang beragam. Di lokasi ini bisa dikatakan sebagai mini waterboom, sehingga banyak orang yang datang ke lokasi ini.

Ziarah ke Makam Ki Ageng Gribig jatinom

Ki Ageng Gribig merupakan seorang ulama penyebar Agama Islam di daerah Klaten yang masih keturunan Prabu Brawijaya dari Kerajaan Majapahit. Makam ini akan ramai dikunjungi pada malam Jumat legi dan Jumat kliwon. Selain itu di lokasi ini terdapat tradisi unik yaitu pembagian apem yang dilaksanakan pada hari Jumat, sekitar tanggal 15 Bulan Sapar dalam penanggalan Jawa, berlokasi di dekat makam Ki Ageng Gribig. Acara ini dsebut dengan Ya qowiyu.

Wisata Religi ke Makam Sunan Tembayat

Makam Sunan Tembayat terletak di Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Sunan Tembayat merupakan seorang ulama yang menyebarkan agama Islam di Klaten. Sunan Tembayat awalnya seorang Adipati di Semarang bernama Pandanaran. Adipati Pandanaran pindah ke Bayat karena hendak menuntut ilmu Agama Islam kepada Sunan Kalijaga. Masih ingat dengan asal-usul Kota Salatiga ? Ya Sunan Tembayat merupakan bagian dari kisah ini.
Catatan : Mau berkunjung ke Klaten ? Baca informasi hotel di Klaten dan oleh-oleh khas Klaten ya ...
Gambar Candi Prambanan klaten
Gambar Candi Prambanan

Gambar Warung Apung di Rowo jombor
Gambar Warung Apung di Rowo jombor
Gambar Gapura Agrowisata Gondang Winangoen
Gambar Gapura Agrowisata Gondang Winangoen

Suasana Pemandian Cokro Tulung
Suasana Pemandian Cokro Tulung
Suasana Kolam Renang Tirto Nirmolo Prambanan
Suasana Kolam Renang Tirto Nirmolo Prambanan
Suasana Rebutan Apem Ya Qowiyu Jatinom
Suasana Rebutan Apem Ya Qowiyu Jatinom
Gambar Makam Sunan Pandanaran
Gambar Makam Sunan Pandanaran

Demikian tadi 7 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi semoga bermanfaat untuk anda bagi yang mau berkunjung ke Kabupaten Klaten. diluar 7 tempat wisata diatas, masih ada berbagai macam wisata yang ada di Klaten. Berikut ini akan kami tampilkan Daftar Tempat Wisata Terindah yang ada di Kabupaten Klaten.

A. OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA ALAM

1. Deles Indah,
2. Sendang Kali Reno ( Deles Kemalang ) :
3. Sendang Tretes ( Ngreden Wonosari )
4. Sendang Nglebak (Desa Krakitan Kecamatan Bayat)
5. » Umbul Buto ( Kedungan Pedan )
6. » Rowo Jombor ( jimbung )
7. » Sendang Bulus Jimbung
8» Taman Rekreasi anak anak di Bukit Sidoguro
9. » Gua Kendil dan Gua Payung ( Krakitan Bayat )
10. » Bukit Petung ( Sidorejo Kemalang)
11. » Umbul Gedaren ( Kel jatinom Kec jatinom )
12. » Gua Suran ( Kel jatinom Kec jatinom )
13. » Pemandian Lumban Tirto
14. » Pemandian Jolotundo
15. » Pemandian ponggok
16. » Umbul Tirto Mulyono dan Tirto Mulyani ( Pluneng Kebonarum )
17. » Sendang Klampeyan
18. » Sendang Gotan
19. » Sendang Riyo Manggolo
20. » Sendang Maerokoco
21. » Sendang Sinongko ( Pokak Ceper )
22. » Sendang Belik gatak ( Jimus Polanharjo )
23. » Umbul Tirtomoyo (Ds. Kedungan Kec. Pedan)
24. » Gunung Watu Prahu (Dk. Girisono Ds. Gunung Gajah Kec. Bayat)
25. » Taman Bambu Cendani (Ds. Sidorejo Kec. Kemalang)
26. » Goa Jepang (Desa Sidorejo Kecamatan Kemalang)
27. » Goa Jetis (Kelurahan Jatinom Kec. Jatinom)
28. » Umbul Susuhan (Desa Manjungan Kec. Ngawen)
29. » Umbul Her Pancuran Sidomulyo (Ds. Soropaten Kec. Karanganom

B. OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA BUATAN


1. Museum Gula Jawa Tengah dan Pabrik Gula Gondang Baru
2. Gedung Olah Raga (GOR) Gelar Sena
3. Monumen Nartosabdo (Kelurahan Tonggalan Kec. Klaten Tengah)
4. Monumen Juang ’45 (Ds. Jonggrangan Kec. Klaten Utara)
5. Monumen Perwari (Kelurahan Tegalyoso Kec. Klaten Selatan)
6. Kolam Renang Kawasan Komando Pendidikan Latihan Tempur
7. Bumi Perkemahan Kepurun (Ds. Kepurun Kec. Manisrenggo
8. Monumen PERATA
9. Taman Bukit Sidagora (Desa Krakitan Kecamatan Bayat)
10. Pemandian Tirtomulyono (Ds. Pluneng Kec. Kebonarum)
11. Pemandian Tirtomulyani (Ds. Pluneng Kec. Kebonarum)
12. Kolam Renang/Pemandian Jolotundo
13. Kolam Renang/Pemandian Lumban Tirto
14. PT. Cokro Supertirta (Ds. Wunut Kec. Tulung)
15. PT. Aquafarm Nusantara (Ds. Wunut Kec. Tulung)
16. Agrowisata rambutan (Ds. Tulung Kec. Tulung)
17. Kolam renang/Pemandian Ponggok
18. Kolam Renang dan Aren\a Bermain Tirto Raharja
19. PT. Aqua Golden Mississippi
20. Kolam Renang/Pemandian Sumber Nila
21. Monumen Slamet Riyadi (Ds. Sidoarjo Kec. Polanharjo)
22. Agrowisata Bonsai
23. Pasar dan kelompok Seni Lukis
24. Kebun Tembakau

C. OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA BUDAYA (WISATA ZIARAH)

1. Makam Kerabat Karaton Kartasura
2. Makam Pahlawan 45 Jonggrangan
3. Masjid Atta “Awun (Ds. Banaran Kec. Delanggu)
4. Makam Veteran Pejuang Kemerdekaan RI
5. Makam Ki Ageng Perwito (Ds. Ngreden Kec. Wonosari)
6. Astono Hargomulyo Gunung Wijil
7. Makam Kyai Kaligawe (Ds. Kaligawe Kec. Pedan)
8. Arca Nyi Loro Tanjungsari (Desa Ceper Kecamatan Ceper)
9. Makam R. Ng. Ronggowarsito
10. Makam Kyai Brojo Anilo (Desa Sajen Kecamatan Trucuk)
11. Batu Megantoro (Desa Sajen Kecamatan Trucuk)
12. Makam Ki Ageng Glego (Ds. Kalikebo Kec. Trucuk)
13. Makam Ki Ageng Jayeng Resmi
14. Makam Ki Nerangkusumo
15. Petilasan Sunan Kalij
16. Makam Gedhong Gedhe/Kyai Ageng MadSahar
17. Makam Kyai Ketib Banyumeneng
18. Masjid Besar SRIDJAJA (Ds. Bawak Kec. Cawas)
19. Makam Ki Mireng Langse
20. Makam Kyai Pandanaran
21. Masjid Besar Sunan Pandanaran
22. Makam Pangeran Wuragil Gunung Malang
23. Makam Syech Kewel (Ds. Nengahan Kec. Bayat)
24. Makam Syech Domba Gunung Cakaran
25. Makam Sayid Habib (Desa Krakitan Kecamatan Bayat)
26. Masjid Agung Kauman
27. Makam Gusti Panembahan Agung
28. Makam Eyang Gusti Semaring Gedhong Mindi
29. Masjid Mindi (Ds. Kaligayam Kec. Wedi)
30. Makam Kyai Ageng Syarifuddin
31. Makam Kyai Melat
32. Masjid Agung (Kelurahan Kabupaten Kec. Klaten Tengah)
33. Komplek Makam Panembahan Romo, Pangeran Riyomenggolo
34. Pesanggrahan Pakoe Boewono X
35. Makam Kyai Maloyopati (Dk. Deles Ds. Sidorejo Kec. Kemalang)
36. Makam Ki Ageng Gribig (Kelurahan Jatinom Kec. Jatinom)
37. Masjid Besar Jatinom (Kelurahan Jatinom Kec. Jatinom)
38. Masjid AlitJatinom (Kelurahan Jatinom Kec. Jatinom)
39. Makam Sorowaden (Desa Kahuman Kec. Ngawen)
40. Masjid Sorowaden (Desa Kahuman Kec. Ngawen)
41. Makam Eyang Proyokusumo (Desa Kahuman Kec. Ngawen)
42. Makam Kyai Imam Rozi
43. Makam Nyai Sawunggaling (Desa Mayungan Kec. Ngawen)
44. Makam Gedhong Drono Mandurorejo
45. Makam Kyai Karsorejo
46. Makam Nyai Ageng Anjang Mas
47. Makam Kyai Ageng Putut Selogringging
48. Makam Soejono Hoemardani (Ds. Janti Kec. Polanharjo)
49. Makam Eyang Joyokartiko (Ds. Janti Kec. Polanharjo)
50. Masjid Al-Fatah (Ds. Keprabon Kec. Polanharjo)

D. OBYEKDAN DAYA TARIK WISATA BUDAYA (PENINGGALAN SEJARAH) DIKLATEN

    Taman Wisata Candi Prambanan (Dk. Ngringin Ds. Tlogo Kec. Prambanan)
    Candi Lumbung (Dk. Ngangkruk Ds. Tlogo Kec. Prambanan)
    Candi Bubrah (Dk. Ngangkruk Ds. Tlogo Kec. Prambanan)
    Candi Sewu (Dk. Ngangkruk Ds. Tlogo Kec. Prambanan)
    Candi Asu (Dk. Bener Ds. Bugisan Kec. Prambanan)
    Candi Plaosan Lor (Dk. Plaosan Ds. Bugisan Kec. Prambanan)
    Candi Plaosan Kidul (Dk. Plaosan Ds. Bugisan Kec. Prambanan)
    Candi Sojiwan (Dk. Banjarsari Ds. Kebondalem Kidul Kec. Prambanan)
    Candi Merak (Dk. Candi Ds. Karangnongko Kec. Karangnongko)

E. OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA BUDAYA (WISATA KERAJINAN)

        Sentra Kerajinan Tatah Sungging Wayang Kulit
        Sentra Kerajinan Wayang Kayu (Ds. Gemampir Kec. Karangnongko)
        Sentra Kerajinan Payung
        Sentra Kerajinan Mebel Ukir (Ds. Serenan Kec. Juwiring)
        Sentra Industri Mebel (Ds. Sajen Kec. Trucuk)
        Sentra Industri Mebel (Ds. Gombang Kec. Cawas)
        Sentra Kerajinan Lurik (Desa Pedan Kecamatan Pedan)
        Sentra Industri Konveksi (Desa Wedi Kecamatan Wedi)
        Sentra Pembuatan Cor Logam
        Sentra Kerajinan Keramik
        Sentra Kerajinan Tanduk Kerbau (Sungu) dan Penyu
        Sentra Industri Alat Pertanian dan Alat Dapur
        Sentra Industri Alat Pertanian dan Alat Dapur
        Sentra Kerajinan Manik-Manik
        Rumah Seni Cempaka
        Rumah Batik Nusa Indah


F. OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA BUDAYA (UPACARA TRADISIONAL)

    Upacara Yaqowiyu (Kelurahan Jatinom, Kec. Jatinom)
    Upacara Bersih Sendang Sinongko (Desa Pokak, Kec. Ceper)
    Upacara Bersih Desa Tanjungsari (Desa Ceper, Kec. Ceper)
    Upacara Padusan
    Upacara Ruwahan/Jodangan (Desa Paseban, Kec. Bayat)
    Upacara Syawalan (Desa Krakitan, Kec. Bayat)
    Upacara Maleman (Desa Jonggrangan, Kec. Klaten Utara)
    Upacara Memuli (Desa Bawak, Kec. Cawas)
    Upacara Sadranan (Desa Ringinputih, Kec. Karangdowo)

G. OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA BUDAYA (SENI PERTUNJUKAN TRADISIONAL)

        Wayang Orang
        Wayang Klitik
        Wayang Kulit
        Wayang Babad
        Jathilan
        Gejog Lesung
        Srandul
        Kethoprak
        Karawitan
        Srunthul

    H. DESA WISATA
        Desa Wisata Keprabon (Kec. Polanharjo)Desa Wisata Janti (Ds. Janti Kec. Polanharjo)
        Desa Wisata Janti
        Desa Wisata Paseban (Kec. Bayat)
        Desa Wisata Krakitan (Kec. Bayat)
        Desa Wisata Jimbung (Kec. Kalikotes)
        Desa Wisata Melikan (Kec. Kalikotes)
        Desa Wisata Soran (Desa Duwet Kec. Ngawen)
        Desa Wisata Pokak (Kec. Ceper)
        Desa Wisata Ponggok (Kec. Polanharjo)
        Desa Wisata Jatinom (Kec. Jatinom)
        Desa Wisata Juwiring (Kec. Juwiring)
        Desa Wisata Tegalmulyo (Kec. Kemalang)
        Desa Wisata Sidorejo (Kec. Kemalang)
        Desa Wisata Plawikan (Kec. Jogonalan)
        Desa Wisata Ceper (Kec. Ceper)
        Desa Wisata Sobayan (Kec. Pedan)
        Desa Wisata Bugisan (Kec. Prambanan)
        Desa Wisata Manisrenggo (Kec. Manisrenggo)

0 comments:

Post a Comment

Tata tertib berkomentar :
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Gunakan bahasa yang baik dan sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Berlakulah dengan bijak dalam menggunakan sarana publik ini. Baca dan pahami isinya terlebih dahulu, barulah Berkomentar. Terimakasih.

Contact Admin

Recent Post

    Area Soloraya

    VISIT SOLORAYA

    Seni Budaya Jawa

    Popular Posts

    Kalender

    Translate To



    EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianBrazilJapaneseKoreanArabicChinese Simplified



    Labels

    Boyolali (14) Karanganyar (25) Klaten (11) Sragen (17) Sukoharjo (11) Surakarta (13) Wonogiri (14)